ARTIKEL

Pilihan Terapi Gangguan Kesuburan

Senin, 31 Agustus 2020
Mempunyai anak adalah impian semua keluarga. Namun tidak sedikit wanita yang mengalami kesulitan untuk hamil. Kenali penyebabnya sejak dini. Subfertilitas atau yang kita kenal dengan istilah “mandul” adalah suatu keadaan dimana satu pasangan tidak bisa mendapatkan keturunan stelah 1 tahun menikah dengan intensitas berhubungan seksual secara teratur tanpa kontrasepsi. Penanganan mandul (infertilitas) pada perempuan harus disesuaikan dengan penyebabnya. Penyebab subfertilitas bisa disebabkan oleh kelainan struktur atau non-struktur: Gangguan struktur          : Polip, adenomyosis, mioma uteri, kelainan jaringan rahim
Non struktur                    : Kelainan pembekuan darah seperti kelainan koagulopati dan hemostasis pembuluh darah rahim, kelainan kromosom/bawaan, gangguan ovulasi, atau penyakit lain yang tidak dapat diketahui penyebabnya  

Untuk mengetahui penyebab pasti subfertilitas pada pasangan, diperlukan pemeriksaan lengkap yang dilakukan oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi. Setelah penyebab diketahui dan ditangani secara definitif, pasangan dapat memulai program kehamilan secara natural, dengan obat-obatan, atau dengan bantuan teknologi in vitro, yang biasa kita kenal sebagai program Bayi Tabung.
Bayi tabung adalah suatu teknologi laboratorium dimana sel telur dibuahi oleh sperma diluar rahim dan dengan bantuan tenaga ahli. Sedangkan program hamil dengan usaha natural yaitu dengan menggunakan jadwal ovulasi atau dengan bantuan obat-obatan untuk memancing ovulasi dan memperkuat rahim biasanya lebih dipilih karena tidak invasif. Biaya dan waktu yang dikeluarkan juga tidak sebesar program bayi tabung. Saat ini, belum ada makanan atau minuman tertentu yang terbukti dapat meningkatkan kesuburan.

Jika Anda atau orang terdekat ada yang mengalami keluhan sulit memiliki anak, anda bisa berkonsultasi dengan dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi di Poli Kebidanan RS. Trimitra Bogor.