ARTIKEL

MENYUSUI

Senin, 23 September 2019
Air susu ibu (ASI) adalah pilihan makanan yang terbaik untuk bayi yang baru lahir. Pemberian ASI direkomendasikan pada 6 bulan pertama kehidupan.
Setelah itu, asi dapat tetap diberikan hingga usia 2 tahun dengan tambahan makanan pendamping. Pemberian ASI direkomendasikan untuk diberikan secepatnya dalam 1 jam pertama kehidupan.

ASI mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan bagi bayi, seperti vitamin, protein, dan lemak yang mudah dicerna. Selain itu, ASI mngandung antibodi yang bermanfaat sebagai proteksi bayi terhadap penyakit. Tentu saja hal ini tidak dapat ditemukan pada susu formula. Teknik menyusui yang baik sangat penting  untuk hasil yang optimal. Jika dilakukan dengan benar, menyusui seharusnya tidak terasa sakit bagi ibu.  Pemberian asi memiliki berbagai manfaat bagi ibu dan bayi.

Bayi yang menerima pemberian asi dilaporkan memiliki tumbuh kembang yang dan daya tahan tubuh yang lebih baik. Bayi yang menerima nutrisi ASI dilaporkan lebih terlindungi dari berbagai infeksi bakteri dan virus seperti diare, infeksi saluran napas, infeksi telinga, dan infeksi saluran kemih. Anak juga memiliki resiko yang lebih kecil untuk mengalami obesitas dan kencing manis di masa depan. Anak juga memiliki kemampuan intelektual yang lebih baik.

Sedangkan untuk ibu, ASI bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan, mencegah perdarahan rahim, dan menurunkan resiko terkena kanker payudara dan kanker serviks.

Pemberian ASI direkomendasikan apabila tidak ditemukan beberapa kondisi berikut:
  • Bayi menderita galaktosemia, dimana bayi tidak dapat mencerna gula (galaktosa) yang terdapat pada ASI
  • Ibu mengkonsumsi obat-obat terlarang seperti narkoba, kokain, dll.
  • Ibu menderita tuberkulosis
  • Ibu mengkonsumsi obat untuk penanganan migren, artritis, atau Parkinson
  • Ibu menderita penyakit HIV/AIDS
  • Ibu menerima pengoabtan kemoterapi

silahkan berkonsultasi dengan dokter jika anda memiliki kondisi medis tertentu dan ingin merencanakan pemberian asi untuk bayi Anda.

Sumber bacaan:
American academic of pediatrics. Breastfeeding: benefits of breastfeeding. available at: https://www.aap.org/en-us/advocacy-and-policy/aap-health-initiatives/Breastfeeding/Pages/Benefits-of...

WebMD. Benefits of Breastfeeding. available at: https://www.webmd.com/parenting/baby/nursing-basics#3