ARTIKEL

Mengatasi Stress Selama Pandemi

Jumat, 29 Mei 2020
Di masa pandemik saat ini, setiap lapisan masyarakat mudah mengalami stress. Stress yang dialami dapat dipicu dari faktor lingkungan kerja, mental, psikis, kesehatan, dan ekonomi. Stres yang berkepanjangan, selain tidak baik untuk kesehatan mental, juga tidak baik untuk kesehatan fisik. Stres dapar memicu pelepasan hormon yang dapat membuat kerja oto jantung dan beberapa sistem tubuh lain meningkat, sehingga menyebabkan tubuh mudah lelah, tekanan darah meningkat, dan sistem kekebalan tubuh menurun. Sistem kekebalan tubuh yang menurun menyebabkan Anda lebih mudah terjangkit. Untuk mencegah stres yang dapat muncul kapan saja dan kepada siapa saja, maka Anda dapat melakukan hal berikut ini:
·       Menghindari pemicu stres Jika Anda sudah pernah mengalami stres akibat kondisi tertentu, maka sebaiknya Anda menghindari kejadian tersebut berulang. Hal ini merupakan cara termudah jika faktor stressor diketahui.
·       Menceritakan keluh kesah yang dialami Manusia merupakan makhluk sosial, artinya manusia mebutuhkan orang lain dan lingkungan sosialnya untuk berinteraksi. Menceritakan keluh kesah yang Anda alami kepada orang terdekat, orang yang bersangkutan, dan psikolog atau psikiater membantu Anda menghindari stres.
·       Pola hidup sehat Olahraga dapat mencegah Anda mengalami stres. Olahraga yang mudah untuk dilakukan seperti berjalan santai atau senam aerobik di rumah merupakan pilihan tepat selama masa pandemi ini. Makanlah makanan yang bergizi, sehingga kebutuhan total harian dan kebutuhan gizi hati ini tercukupi. Selain itu, tidur yang cukup juga penting agar tubuh dapat beristirahat.
·       Melakukan hobi yang Anda gemari Anda bisa melakukan hobi Anda, seperti  jalan-jalan di mall, karaoke, membaca, bermain musik, travelling, agar tubuh Anda menjadi rileks. Anda juga dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan positif, sehingga pikiran Anda teralihkan memikirkan hal yang memicu stres Anda.

Kapan Anda mengunjungi tenaga medis?
Stres nerupakan kondisi yang lumrah dialami, namun sebaiknya tidak berlangsung lama. Stres yang berat dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan depresi, gangguan mood, gangguan makanan, gangguan kepribadian, rambut rontok, dan disfungsi seksual.

Apabila Anda atau orang sekitar Anda mengalami stres yang cukup berat dan telah berlangsung lama, sehingga mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, maka sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.