ARTIKEL

Melakukan Isolasi Mandiri di Rumah

Jumat, 24 April 2020
Isolasi mandiri direkomendasikan bagi mereka yang mengalami gejala ringan seperti batuk, bersin, dan demam, serta tidak memiliki penyakit penyerta seperti diabetes, penyakit jantung, penyakit paru kronis, kelainan imunitas/autoimun, dan HIV/AIDS.
Isolasi mandiri dilakukan selama minimal 14 hari sejak:

  1. Awal kontak dengan seseorang yang dicurigai menderita Covid 19
  2. Telah melakukan perjalanan ke Luar Negeri atau daerah dengan jumlah kasus Covid 19 yang banyak (atau daerah kategori Merah) 
  3. Gejala awal
Tentu saja, selama menjalani isolasi mandiri, pasien disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter melalui online/telemedicine untuk mempertimbangkan apakah dirinya direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan fisik, rapid test/PCR untuk diagnosis Covid 19.
Berikut hal-hal yang perlu dilakukan selama melakukan isolasi mandiri:
  1. Tetap berada di rumah. Tidak bekerja, beribadah, dan belajar di luar rumah
  2. Menggunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya. Tetap mengupayakan menjaga jarak aman 1-2-meter dari anggota keluarga lain. Sebisa mungkin berada di dalam kamar sendiri. Jika memungkinkan, gunakan kamar mandi/toilet yang terpisah
  3. Melakukan pengukuran suhu dan observasi gejala harian. Jika gejala memburuk disertai sesak napas, segera menghubungi rumah sakit/dinas Kesehatan setempat untuk dilakukan evakuasi ke saran Kesehatan yang memadai. Hindari datang ke RS dan kontak dengan orang lain di RS atau di ruang public
  4. Hindari pemakaian Bersama alat makan, perlengkapan mandi, dan seprai
  5. Selalu jalankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan etika batuk.
  6. Konsumsi makanan bergizi
  7. Jika memungkinkan, perpanjang waktu di runang terbuka, seperti berjemur di bawah sinar matahari, dengan terus melakukan i physical distancing dengan orang lain
Selama anda menjalani isolasi mandiri, pastikan Anda secara rutin berkoordinasi dengan apparat daerah setempat (ketua RT/RW) dan dinas Kesehatan daerah anda untuk membantu observasi kondisi Kesehatan Anda.

Penyakit Covid 19 dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini sangat menular dan berbahaya, namun dapat disembuhkan. Sehingga kerja sama yang baik antara penderita, keluarga, perangkat masyarakat, dan aparat kesehatan sangat dibutuhkan untuk mengurangi penyebaran penyakit ini.

Semoga Anda dan Keluarga selalu dalam kondisi sehat dan aman.