ARTIKEL

Kenali infeksi bakteri H. Pylori

Selasa, 20 Agustus 2019
Helicobacter Pylori adalah bakteri yang dapat ditemukan pada saluran pencernaan dan sering ditemukan menginfeksi lambung. Bakteri H. pylori menyebabkan inflamasi pada lapisan mukosa. Seseorang yang terinfeksi bakteri H. pylori akan merasakan gejala seperti mual dan muntah, cepat lapar, nyeri lambung, dan kembung. Gejala yang timbul menyerupai sakit maag.

Infeksi bakteri H. pylori menyebar melalui air kotor. Seseorang dapat terinfeksi bakteri ini apabila mengkonsumsi makanan dan minuman yang menggunakan sumber air yang tidak bersih. Bakteri ini banyak ditemukan pada anak-anak.

Diagnosis infeksi bakteri ini dapat dilakukan melalui pemeriksaan endoskopi. Pemeriksaan endoskopi dapat membantu menegakkan diagnosis dan membedakan penyebab sakit lambung pada pasien. Hal ini sangat penting sebab infeksi berkepanjangan yang tidak diobati dapat menyebabkan kanker lambung.Infeksi kronis bakteri pylori menyebabkan inflamasi dan abnormalitas lapisan mukosa lambung.
Infeksi bakter H. pylori dapat ditangani dengan pemberian antibiotik.

Berikut tindakan pencegahan yang dapat anda lakukan agar terhidar dari infeksi bakteri H.pylori:
  1. menerapkan kebiasaan cuci tangan yang efektif, terutama sebelum makan dan setelah menggunakan toilet
  2. mengkonsumsi makanan dan minuman  yang dimasak
  3. menghindari makanan dan minuman sembarangan
  4. memastikan sumber air yang dikonsumsi berasal dari air bersih
Saat ini telah tersedia fasilitas endoskopi di rs trimitra bogor . Silahkan berkonsultasi di klinik penyakit dalam terkait prosedur ini.