ARTIKEL

Demam Tifoid

Kamis, 22 Agustus 2019
Demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella typhi. Penyebaran penyakit ini melalui konsumsi sumber air tidak bersih. Demam tifoid banyak diderita terutama oleh anak-anak dengan kebiasaan jajan sembarangan.

Infeksi Salmonella typhi dapat terjadi melalui hand-to-oral dari individu carieer, hand-to-mouth,dan transmisi oral.  Seseorang yang tidak sakit bisa saja merupakan carieer tifoid sehingga proses penyebaran infeksi Salmonella typhi bisa terjadi antar individu yang sehat. Penyakit ini memiliki potensi fatal untuk menyerang sistem organ tubuh apabila tidak ditangani dengan baik.

Gejala demam tifoid biasanya tidak khas dan dapat merupakan penyakit lain, sehingga pemeriksaan laboratorium darah dan feses diperlukan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Tanda dan gejala:
  • Lemas
  • Nyeri perut
  • Diare atau konstipasi
  • Demam saat sore dan malam hari
  • Mual dan muntah
  • Kehilangan napsu makan

Seseorang yang menderita demam tifoid memerlukan penanganan yang cepat dan akurat untuk mencegah perburukan yang dapat terjadi. Pada kondisi yang fatal, infeksi saluran pencernaan oleh Salmonella typhi dapat menyebabkan usus robek dan infeksi luas saluran pencernaan. Pada kondisi ini, pembedahan cepat dibutuhkan.  Demam tifoid dapat diobati dengan pemberian antibiotik yang tepat dan cairan. Penderita juga disarankan untuk bed rest.

Penggunaan antibiotik tanpa resep dokter sangat tidak dianjurkan untuk menangani penyakit infeksi, bahkan salah satu penyebab kegagalan pengobatan dan perburukan infeksi demam typhoid adalah resisten antibiotik.

Agar terhindar dari infeksi Salmonella typhi, pastikan anda menerapkan kebiasaan cuci tangan yang tepat terutama sebelum makan. 
Untuk informasi lebih lanjut terkait demam typhoid, silahkan berkonsultasi dengan klinik Penyakit Dalam atau klinik Anak di RS. Trimitra Bogor. 

Sumber Bacaan
Medscape. typhoid fever treatment. available at: https://emedicine.medscape.com/article/231135-treatment#d6
CDC. Typhoid Fever and Paratyphoid Fever. Available at: https://www.cdc.gov/typhoid-fever/symptoms.html