ARTIKEL

Bagaimana Caranya Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kamis, 26 Maret 2020
Imunitas tubuh memiliki peran penting dalam kondisi kesehatan seseorang. Imunitas harus terjaga baik, agar seseorang tidak mengalami sakit, terutama penyakit yang dapat ditularkan. Untuk beberapa penyakit tertentu yang sudah memiliki vaksinnya, Anda dapat melakukan vaksinasi atau booster untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.
Tetapi dalam menghadapi kondisi saat ini, yaitu infeksi Novel Coronavirus, yang sedang terjadi secara pandemi, imunitas yang baik sangat diperlukan oleh seluruh masyarakat. Lantas, apa yang dapat kita lakukan untuk terhindar dari penyakit tersebut?
Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh :
  1. Mengatur asupan makanan Pastikan kebutuhan kalori Anda tercukupi dan sumber nutrisi Anda memenuhi kebutuhan gizi seimbang. Hitunglah kebutuhan kalori sesuai Basal Metabolic  Rate dan jenis aktivitas berdasarkan rumus Harris Benedict atau Mifflin St. Jeor. Terutama semenjak beberapa instansi dan sekolah memberlakukan kerja dan belajar di rumah, sehingga tagar #WorkFromHome dan #dirumahaja bertengger di sosial media. Hal itu menyebabkan Anda harus mengkategorikan kembali jenis aktivitas Anda sehari-hari selama di Rumah.
  2. Tidur yang cukup Tidur minimal 7 jam sehari agar kondisi tubuh Anda tetap fit. Ketika Anda tertidur, maka sistem tubuh Anda akan memproduksi jenis protein tertentu yang dibutuhkan oleh sistem imunitas tubuh. Apabila Anda memiliki waktu tidur yang tidak cukup dalam jangka waktu yang lama, maka hal ini dapat berujung pada sistem imun yang buruk, gangguan mood, risiko obesitas dan penyakit kardiovaskuler.
  3.  Konsumsi vitamin Vitamin C, D, dan E utamanya memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas. Anda dapat mengonsumsi sumber pangan yang mengandung vitamin tersebut, seperti sumber vitamin C yang berasal dari jeruk, pepaya, brokoli, kiwi, mangga. Sumber vitamin D yaitu susu, sereal, dan telur. Sumber vitamin E yaitu bayam, tauge, tomat, alpukat, dan mangga. Alternatif lain yaitu dengan mengonsumsi suplemen tertentu yang mengandung vitamin tersebut.
  4. Rutin berolahraga Berolahraga penting untuk menjaga stamina tubuh. Anda dapat tetap melakukan olahraga rutin yang aman, 3 kali dalam seminggu, dengan durasi 30 menit tiap kali berolahraga. Selain itu, penting juga untuk berjemur sinar matahari, sehingga menjadi sumber Vitamin D bagi tubuh, sehingga akan meningkatkan imunitas, metabolisme, dan untuk kerja tulang, otot, dan saraf.